LOMBA KEARSIPAN TINGKAT KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Operator 14 November 2017 13:01:22 WIB

Karangtengah : Selasa, 14-11-2017.Pengertian arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Arsip dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya, yang dapat dijadikan bukti sahih untuk suatu tindakan dan keputusan. Dengan adanya perkembangan teknologi, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital.

Mengingat jumlah arsip yang semakin banyak dibuat dan diterima oleh lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan maka diperlukan manajemen pengelolaan arsip yang lebih dikenal dengan sistem kearsipan melalui beberapa pekerjaan atau kegiatan untuk mengelola arsip yang ada.

Pengertian kearsipan adalah pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan dengan teratur dan terencana baik itu arsip yang dibuat maupun diterima, agar mudah ditemukan kembali jika diperlukan. Sistem kearsipan yang diselenggarakan secara optimal akan memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan. Pengertian Arsip dan Kearsipan - Kanal Informasi

Perlu adanya penataan kearsipan guna memudahkan pekerjaan di semua bidang terutama Pemerintah Desa Karangtengah bersama Lembaga Desa Karangtengah ,pada hari ini Pemerintah Desa Karangtengah Mewakili Kecamatan Wonosari sebagai Wakil Desa untuk melaksanakan Lomba Kearsipan pada tahun 2017 ini.

Dalam Acara tersebut Pemerintah Desa Karangtengah Menghadirkan lembaga-lembaga Desa ( BPD,LPMD,PKK,dan Karangtaruna ) acara dimulai pada pukul 09.00 WIB di Aula Balai Desa Karangtengah dengan susunan acara sebagiai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan Kepala Desa
  3. Sambutan TIM Yuri dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Gunungkidul
  4. Pemaparan ( Oleh Kepala Desa )
  5. Tanya Jawab
  6. Uji Petik Lapangan
  7. Reviuw Penilaian
  8. Penutup

Dalam Sambutan Kepala Desa Karangtengah ( H.Siswanto Anwar ) menyampaikan Banyak hal tentang Kearsipan Desa Karangtengah

  1. Perlu tertibnya Kearsipan bagi Pemerintah Desa Karangtengah dan Lembaga Desa
  2. Peningkatan Mutu dan kualitas kearsipan Desa Karangtengah
  3. Manfaat Kearsipan

Dalam waktu Sesi pemaparan kepala Desa Karangtengah memaparkan kearsipan yang sudah berjalan Di Desa Karangtengah,dalam pemaparan tersebut disajikan dalam slide dan Hard Copy ( Untuk Peserta  yang hadir dalam kegiatan ini ).Sekaligus tentang Profil kearsipan.

Sesi Pemaparan yang dilakukan Kepala Desa selesai dilanjutkan Uji Petik Lapangan dimulai dari :

  1. Kaur Umum dan Tata Usaha
  2. Sekdes
  3. Kaur Perencanaan
  4. Kepala Desa
  5. Ruang Arsip
  6. Ruang Perpustakaan
  7. Ruang Kasi Pemerintahan
  8. Ruang kasi Kesejahteraan
  9. Ruang Kasi Pelayanan

Selesainya Uji Petik Lapangan Tim penilai memberikan Reviuew hasil penilaian banyak yang disampaikan oleh Tim Penilai untuk kedepannya lebih baik bagi kearsipan Pemerintah Desa Karangtengah.

 

SUMARI/KSR

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi KARANGTENGAH

tampilkan dalam peta lebih besar