PEMUDA HARAPAN BANGSA

Karangtengah,SIDASAMEKTA 28 Oktober 2017 07:50:52 WIB

Karangtenngah : SIDA_Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.[2] Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda[3]. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kamipoetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Untuk Museum, lihat Museum Sumpah Pemuda.

 

Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi mudanya. Pemuda adalah tonggak perubahan, oleh karena itu, pemuda seharusnya bersungguh-sungguh untuk mewujudkan cita-cita bangsanya dan mempertahankan harkat dan martabatnya.

 

Desa Karangtengah dalam Tahun ini mendapatkan hadiah yang sangat membaggakan dari Pemuda Desa Karangtengah dalam acara Gala Desa se Kabupaten Gunungkidul dapat meraih Juara II di Kejuaraan Bola Voly antar Desa se Kabupaten Gunungkidul ( GALA DESA )

Dalam Waktu yang berbeda Kepala Desa Karangtengah H.SISWANTO ANWAR memberikan Apresiasi yang setinggi tingginya bagi Pemuda/Pemudi Desa Karangtengah ( BHAKTI TAMA ) yang telah memberikan sumbangan terbaiknya bagi Desa Karangtengah.

Banyak yang Dilakukan Pemuda Desa Karangtengah sesuai profesi dan kegiatanya untuk membangun Desa Karangtengah.Semangat Pemuda Desa Karangtengah,Selamat Hari Sumpah Pemuda,Jaya Selalu Pemuda Desa Karangtengah.Karna Kalian Jaya Desa juga Akan Jaya.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

Dokumen Lampiran : PEMUDA HARAPAN BANGSA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Karangtengah

tampilkan dalam peta lebih besar